Anda ingin olahraga, tapi mengaku tak punya waktu? Kali ini Anda tidak bisa menghindar lagi, karena hanya dengan beberapa menit saja Anda bisa kok tetap segar dan bugar. Mau mencoba?

5 menit tertawa

Jangan pernah anggap remeh kekuatan tawa! Sebetulnya tawa itu mirip dengan olahraga. Alasannya adalah ketika Anda tertawa terbahak-bahak, Anda memasukkan oksigen yang akan meningkatkan pernapasan serta sirkulasi darah di tubuh. Ini artinya dengan tertawa Anda dapat menyehatkan jantung sekaligus menjaga tekanan darah agar tidak melonjak.

Tertawa lima menit dengan periode lima kali sehari juga disinyalir mampu untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dan menekan stress. Jadi, ayo ajak teman-teman Anda untuk berkumpul dan tertawa bersama! Asalkan jangan tertawa sendirian, nanti orang-orang akan menyangka Anda ‘kurang sehat’

10 menit latihan peregangan

Melakukan latihan peregangan atau stretching akan meningkatkan kelenturan otot hingga memperkecil timbulnya cedera. Selain itu, latihan peregangan juga baik dilakukan setelah beraktivitas agar pemulihan otot lebih cepat terjadi sehingga terhindar dari rasa nyeri otot.
Latihan peregangan dapat Anda lakukan tiap hari selama 10 menit saja. Dan karena sifatnya yang praktis, maka latihan ini dapat Anda lakukan dimana saja, dan kapan saja. Misalnya ketika menonton TV di rumah ataupun di balik meja kantor.

10 menit meditasi

Walau terlihat sangat mudah dan sederhana, meditasi sangatlah baik untuk keseimbangan tubuh sekaligus kesehatan mental. Dalam proses meditasi, Anda akan melatih napas dengan cara menarik serta mengeluarkan napas secara perlahan-lahan dan teratur. Dengan meditasi singkat, tubuh akan menjadi lebih segar dan pikiranpun menjadi lebih focus. Para ahli menyimpulkan bahwa jika dilakukan dengan benar, meditasi 10 menit dapat memberikan efek yang sama seperti halnya tidur nyenyak selama 1 jam.

15 menit jalan kaki

Jika Anda merasa sangat butuh olahraga rutin namun benar-benar tak punya waktu, cobalah untuk menyisihkan waktu 10-15 menit untuk berjalan kaki. Jalan kaki adalah olahraga yang paling murah dan tidak perlu peralatan apapun. Hal-hal sederhana seperti memilih naik-turun tangga dibanding menggunakan lift jika Anda di kantor, atau turun dari kendaraan dan parkirkan mobil Anda sedikit lebih jauh dari tempat Anda biasa parkir agar Anda dapat berjalan kaki ke kantor, jauh lebih berarti daripada Anda tidak berolahraga sama sekali.

30 menit tidur siang

Tahukah Anda, Napoleon Bonaparte dan Winston Churchill selalu menganjurkan agar pasukannya tidur siang selama 30 menit? Hal ini sangatlah masuk akal, karena menurut studi yang dilakukan di Henry Ford Hospital Sleep Disorders Center di Detroit, Amerika Serikat, terhadap 30 orang partisipan menunjukkan bahwa 30 orang yang melakukan tidur siang singkat selama 15-30 menit mengalami peningkatan kebugaran tubuh serta ketajaman pikiran setelah bangun. Walaupun singkat, tidur siang sangatlah bermanfaat karena istirahat singkat mampu menaikkan stamina yang sudah menurun pada siang hari. Itulah mengapa di beberapa negara Eropa menerapkan ‘siesta’, atau acara ‘wajib tidur siang’ bagi para karyawan, dimana kantor-kantor atau toko akan tutup selama karyawannya tidur siang.

60 menit mandi matahari

Tubuh kita memerlukan vitamin D yang diproduksi oleh tubuh kita sendiri, namun membutuhkan bantuan sinar matahari. Bahkan penelitian di Eropa menyebutkan ketika musim dingin dimana matahari bersinar hanya sebentar, banyak orang yang cenderung merasa tertekan. Karenanya, untuk kesehatan tubuh terutama tulang, dan juga pikiran, dianjurkan setidaknya tiap hari orang terkena matahari selama 60 menit. Tetapi, jangan lupa untuk mengenakan tabir surya minimum SPF 15 agar kulit tidak terbakar dan menghitam.