pidginBagi anda penggemar instant messaging pasti sudah tidak asing lagi dengan Gaim, namun sekarang Gaim sudah berganti nama, Pidgin. Masih seperti sesepuhnya (Gaim), Pidgin masih menggunakan interface yang mirip dengan pendahulunya.

Pidgin dapat beroperasi di Windows, Linux, BSD, dan sistem Unix lainnya. Pudgin juga masih support multiple IM network, seperti AIM, ICQ, Jabber/XMPP, MSN Messenger, Yahoo!, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell GroupWise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, dan Zephyr.

Pidgin memiliki penampilan yang berbeda dari pendahulunya (Gaim), dengan warna yang lebih sejuk, sehingga menyenangkan ketika memandang. Juga dengan buddy icon yang lebih beragam, semakin menambah keindahan dalam segi visual. Smiley yang dimiliki juga semakin indah, warnanya lebih asik dipandang.

Pidgin juga memiliki feature-feature yang tak kalah dengan pendahulunya (ya iya, lha wong pengembangan dari Gaim je), seperti file transfer, away message, typing notification. Juga feature-feature unik lainnya seperti Buddy Pounces, kirim pesan, putar suara, atau menjalankan program ketika spesifik buddy offline, online atau kembali dari status idle. Pidgin juga menyediakan plugin-plugin yang keren punya, seperti text replacement, a buddy ticker, extended message notification, iconify on away, spell checking, tabbed conversations, dan banyak lagi.

Kesan pertama lumayan, bagus juga visualnya, tapi baru mencoba di Windows, belum menjamah ke Linux, soalnya baru download yang versi Windows sih, yang versi Linux belum, lemot sih koneksinya. Ada juga Pidgin versi console, namanya Finch, tapi belum nyoba, mungkin kalo dah dapet lagi nyoba.