Susahnya kalo hardisk di komputer kita free spacenya tinggal dikit. Mau nyimpen-nyimpen susah, nggak muat. Apalagi kalo di linux, kalo partisinya hanya dua, / dan swap saja bisa buahaya. Begitu free space di /home tinggal dikit, nggak bisa nyimpen lagi deh. Tapi kalo /home dipisah menajdi partisi sendiri mungkin bisa tertolong sedikit, yaitu dengan menyimpan di partisi lain yang masih berada di /, tapi dengan catatan hak akses terhadap file tersebut menjadi milik root karena user biasa haknya hanya di /home saja.

Untuk itu terpaksa harus memperbesar free space dengan cara beli hardisk baru misalnya. Dengan catatan hardisk-nya dipakai linux semua. Tapi kalau hardisk tersebut untuk dual booting atau terdapat partisi lain selain partisi linux masih aman. Kita masih ada free space untuk menyimpan, yaitu dengan menggunakan partisi milik windows. Untuk partisi dengan tipe fat32 linux jaman sekarang sudah dapat membaca dan menulis di partisi tersebut. Celakanya kalau partisi tersebut tipenya ntfs, bisa gawat. Karena linux sekarang baru bisa membaca saja. Belum bisa untuk menulis.

Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada tool sakti untuk membaca dan menulis di partisi ntfs. Tool sakti tersebut bernama ntfs-3g. ntfs-3g bisa didapat di situsnya yaitu http://www.ntfs-3g.org/. Untuk menginstall driver ntfs-3g, kita terlebih dahulu harus menginstall fuse terlebih dahulu. Fuse bisa didapat di situsnya yaitu http://fuse.sourceforge.net/. Setelah paket fuse didownload baru kemudian diinstall. Langkah langkah penginstallannya sebagai berikut :

  1. Ekstrak paket fuse tersebut
  2. Kemudian isntall perintah-perintah berikut. Jangan lupa untuk masuk ke mode root terlebih dahulu.
    ./configure
    make
    make install

Setelah penginstallan fuse selesai barulah dilanjutkan dengan menginstall paket ntfs-3g. Adapun langkah-langkahnya :

  1. Ekstrak paket ntfs-3g tersebut
  2. Kemudian isntall perintah-perintah berikut. Jangan lupa untuk masuk ke mode root terlebih dahulu.
    ./configure
    make
    make install

Setelah paket fuse dan dan ntfs-3g terinstall dengan sempurna barulah kita dapat membaca dan menulis di partisi ntfs. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Unmount partisi ntfs yang telah ter-mount
    umount /media/ntfs
    (Diasumsikan partisi ntfs di mount di /media/ntfs. Hal ini berlaku untuk seterusnya)
  2. Kemudian mount ulang dengan menggunakan perintah ntfs-3g
    ntfs-3g /dev/hda1 /media/ntfs
    (Diasumsikan partisi di mount dengan /dev/hda1. Ini tergantung partisi keberapa pada hardisk anda. Optional)

Setelah itu pasti partisi ntfs anda sudah dapat terbaca dan ditulisi. Supaya partisi dapat ter-mount otomatis maka kita konfigurasi file /etc/fstab.

Pada baris yang mengandung kata ntfs kita beri tanda # di bagian paling depan baris. Kemudian kita tambahkan baris berikut :

/dev/hda1 /media/ntfs ntfs-3g default 0 0

Kemudian simpan file konfigurasi tersebut. Setelah itu partisi ntfs dapat otomatis dapat dibaca dan ditulisi begitu menyalakan komputer.

Sedangkan untuk linux distro ubuntu, cukup dengan menginstall ntfs-3g saja, paket-paket yang lain akan terinstall secara otomatis. Caranya :

sudo apt-get install ntfs-3g

Setelah terinstall konfigurasi untuk membaca dan menulisi partisi ntfs sama pada bagian sebelumnya. Just try it ………