Punya file banyak dan pengen berbagi dengan orang lain, nggak usah bingung. Dengan menggunakan sebuah ftp server, anda sudah dapat berbagi file anda dengan orang lain. Kali ini kita akan mencoba menggunakan sebuah ftp server bernama vsftpd.

Untuk menggunakannya cukup dengan menginstall paket vsftpd tersebut. Untuk pengguna ubuntu cukup dengan mengetikkan perintah berikut :
sudo apt-get install vsftpd
Jika sudah terinstall maka otomatis sebuah ftp server sudah terpasang dan ready untuk digunakan. Supaya file kita dapat diakses oleh orang lain, maka file kita ditaruh terlebih dahulu di /home/ftp. Otomatis komputer kita sudah dapat diakses melalui sebuah ftp client.

Defaultnya komputer client hanya dapat mengakses dan mendownload file yang kita taruh di ftp, tapi dengan mengkonfigurasi file /etc/vsftpd.conf, kita dapat merubah seperti client dapat mengupload file ke server, membuat directory di server, dll. Adapun isi dari /etc/vsftpd.conf adalah sebagai berikut :

# Example config file /etc/vsftpd.conf
#
# The default compiled in settings are fairly paranoid. This sample file
# loosens things up a bit, to make the ftp daemon more usable.
# Please see vsftpd.conf.5 for all compiled in defaults.
#
# READ THIS: This example file is NOT an exhaustive list of vsftpd options.
# Please read the vsftpd.conf.5 manual page to get a full idea of vsftpd’s
# capabilities.

………
………

# This option specifies the location of the RSA key to use for SSL
# encrypted connections.
rsa_private_key_file=/etc/ssl/private/ssl-cert-snakeoil.key

Pada bagian yang diberi tanda # di depannya itu menunjukkan komentar. Untuk mengkonfigurasi kita tinggal mengikuti petunjuk yang berada di komentar tersebut. Misal, supaya anonymouz user dapat meng-upload file, kita tinggal menghilangkan tanda # yang berada pada baris #anon_upload_enable=YES. Supaya client dapat membuat directory di server tinggal menghilangkan tanda # pada baris #anon_mkdir_write_enable=YES. Intinya dalam pengkonfigurasian tinggal mengikuti petunjuk di dalam /vsftp.conf. Akhirnya selamat mencoba …..