Olahraga malam mas? Mungkin gitu pertanyaan orang-orang yang ngeliat gua semalem. Gimana enggak, gara gara ban motorku bocor, terpaksa ndorong deh. Padahal dah malem lagi, mana ada tambal ban yang buka, duh duh duh ….

Ceritanya gini, kemaren malem aku pulang dari purworejo balik ke rumah di jogja. Sebenernya kondisi motor udah mengkhawatirkan sejak beberapa hari yang lalu. Masak motor nggak dipake selama kurang lebih sehari semalem tiba-tiba ban belakang anginnya habis. Tapi setelah dipompa terus dipake ke kampus tetep nggak gembos lagi ya udah, berarti nggak papa (pikirku).

Tapi beberapa hari kemudian pas mau berangkat ke purworejo, ban anginnya dah dikit berkurang. Tapi tetep nggak curiga, soalnya kurangnya cuma dikit. Akhirnya sampai di Purworejo juga nggak terjadi apa-apa. Selamat sampai tujuan.

Nah pas baliknya, pas ngecek dah mulai khawatir, soalnya anginnya dah mulai berkurang, tapi tetep keras. So ya mungkin nggak papa. Mungkin kalo cuma buat sendirian nggak papa. Tapi semalem motornya buat boncengan tiga orang (dua dewasa dan satu anak kecil). Di jalan tu bawaannya cuma khawatir doang, tiap berhenti di lampu merah ngecek ban. Eh pas di daerah kulon progo (lupa, kalo nggak sedayu di daerah sentolo), motor udah mulai goyang, tapi dicek masih keras. Tapi abis itu dah tenang lagi motornya, so masih aman.

Eh, pas nyampai daerah gamping, tiba-tiba motorku langsung goyang. Wah, feeling langsung bilang kalo ini bocor. Dan bener aja, abis itu motor langsung goyang kenceng dan ban udah kerasa nggak enak. Langsung deh berhenti, dan benar, ban motorku bocor. Waduh, mana malem lagi, mana ada tambal ban yang masih buka.

Sebenernya aku berhentinya tepat di pinggir tempat tambal ban. Tapi sayangnya dah tutup. Tanya tanya di tempat sekitar, katanya ada, tapi jaraknya sekitar 500-an meter. Waduh, terpaksa, ndorong sejauh itu, capek brur. Tapi ya Alhamdulillah, nyampe juga di tempat tambal ban. Tapi melihat cara kerja tukangnya agak serem juga, kasar. Tapi ya mo gimana lagi, terpaksa, dah malem lagi. Ya udah sedapetnya ajah. Alhamdulillah jadi, akhirnya bisa ngelanjutin pulang deh, dan tiba dengan selamat sampai di rumah …….