Pertama sih tadinya cuma iseng-iseng, pengen tahu caranya matiin service di ubuntu, soalnya pas booting tu lambat banget. Usut punya usut, ternyata service yang kunyalain saat start tu banyak, jadi ya lambat deh bootingnya. Akhirnya cari-cari deh biar bootingnya cepet. Cek punya cek, ada menu yang ngebahas tentang service, bisa diakses melalui System -> Administration -> Services. Nah dari situ bisa dilihat service apa aja yang dinyalain.

services.png

Tapi, tidak semua service ditampilkan disini, sehingga kurang komplit. Akhirnya nemu juga yang bisa menampilkan secara komplit. Aplikasinya bernama sysv-rc-conf. Aplikasi ini berjalan di terminal/konsole. Hanya dengan apt-get install sysv-rc-conf, aplikasi ini langsung terinstall dengan baik.

sysv-rc-conf.png
Cara penggunaannya pun cukup mudah, gunakan tombol spasi untuk mengaktifkan/menonaktifkan service, tanda panah untuk menggerakkan kursor, dan huruf q untuk keluar. Namun, karena service berhubungan dengan root, maka penggunaannya juga harus melalui root. Dan akhirnya bootingnya menjadi lebih cepat karena service yang dijalankan nggak terlalu banyak. Tapi hati-hati, karena ada service yang berhubungan dengan system, pastikan hanya service yang anda ketahui saja, tapi kalau untuk latihan tak apalah, salah dikit nggak papa, biar tahu, hehehe …