Duh duh duh, senangnya ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) dah release. Setelah nunggu sekitar 6 bulanan, akhirnya release juga. Langsung deh pesen ke shipit, tapi dengan resiko kiriman dateang 1,5 – 2 bulan ke depan. Karena nggak kuat nunggu lama, ya udah cari-cari di internet, tapi yang server indo saja, biar lebih cepet. Apalagi kalo dapat yang inherent, makin cepet aja tuh, hehehe …

Walhasil sampailah ke servernya kambing, wah, ternyata selain image distronya ada juga reponya. Tanpa ragu-ragu langsung sedot 2 buah iso ubuntu 7.10 desktop dan alternate beserta ke-5 dvd repository-nya. Cepet juga, semuanya cuma makan waktu sekitar 3 jam. Tapi setelah selesai agak bingung juga, soalnya nggak ada sarana buat mindahin semuanya ke rumah. Walhasil akhirnya minjem hardisk external punya “yayang”. Biar bisa dibawa pulang ….

Akhirnya, nyampai juga image distro dan reponya di rumah. Langkah pertama yang aku lakukan yaitu menghidupkan ubuntu 7.04 punyaku. Karena aku hanya mau upgrade maka aku cuma pake image reponya aja. Langsung aja aku mount ke-5 reponya.

mount /media/BAKA\ BOO/ubuntu-7.10-repository-i386-1_contrib.iso /media/iso1/ -t iso9660 -o loop
mount /media/BAKA\ BOO/ubuntu-7.10-repository-i386-2_contrib.iso /media/iso2/ -t iso9660 -o loop
mount /media/BAKA\ BOO/ubuntu-7.10-repository-i386-3_contrib.iso /media/iso3/ -t iso9660 -o loop
mount /media/BAKA\ BOO/ubuntu-7.10-repository-i386-4_contrib.iso /media/iso4/ -t iso9660 -o loop
mount /media/BAKA\ BOO/ubuntu-7.10-repository-i386-5_contrib.iso /media/iso5/ -t iso9660 -o loop

Abis itu aku tambahin ke sources.list-nya biar bisa upgrade paketnya.

deb file:///media/iso1/ gutsy main
deb file:///media/iso2/ gutsy main multiverse restricted
deb file:///media/iso3/ gutsy universe
deb file:///media/iso4/ gutsy universe
deb file:///media/iso5/ gutsy universe

Langsung aku jalanin apt-get update. Tanpa basi basi juga aku langsung run apt-get dist-upgrade.

upgrade3.pngupgrade5.png

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya selesai juga dist-upgradenya. By the way anyway busway, setelah selesai dist-upgrade komputer nggak langsung aku restart. Entah kenapa aku malah running dpkg-reconfigure -a. Entah dapet ilham dari mana buat ngelakuin itu.

reconfigure.png

Eh, kok pas dpkg-reconfigure -a kok keluar warning macem-macem, tiba-tiba keluar window pop-up kalo di partisi /boot (tempatku /boot aku pisah ke partisi tersendiri) yang berisi peringatan tentang space yang digunakan di partisi /boot. Tadinya 90%, kemudian 99%, terakhir 100%. Dan akhirnya proses dpkg-reconfigure -a berhenti dengan keterangan tidak ada lagi ruang kosong yang tersisa.

Tapi peduli amat (amat aja nggak peduli), langsung aja aku restart komputernya. Begitu restart booting berjalan seperti biasa, namun anehnya tiba-tiba monitornya jadi blank (kayak monitor nyala tapi nggak nancep ke CPU). Padahal suara dah bunyi (tanda dah masuk ke gnome-nya). Tapi monitor tetep nggak nyala. Wah wah wah, ada apa ada apa ini, yuk mari …

Tapi kok pas aku masuk ke virtual console 1 (Ctrl+Alt+F1) bisa masuk, dan monitorku nyala lagi. Benar-benar aneh. Aku cek lsb_release -a ubuntuku dah jadi 7.10. tapi anehnya nggak bisa masuk ke desktopnya. Hiks ….

lsb.png

 

To be continued …