Jika di posting yang sebelumnya aku nulis cara buat repo dari file iso, sekarang bikin repo dari beberapa file deb. Jadi dengan ini kita bisa melakukan apt-get dari source lokal kita. Biasanya kalo kita download paket manual satu persatu pasti bermasalah dengan dependency. Diharapkan dengan metode ini bisa mengatasi masalah tersebut.

Proses yang dilakukan juga nggak terlalu susah. Tapi kalau ada korban maka bisa lebih bagus. Yang dimaksud korban disini adalah komputer yang dijadikan source dari internet. Komputer ini terhubung dengan internet, kemudian kita lakukan proses apt-get terhadap program yang diinginkan. Nantinya file-file hasil apt-get ini yang dijadikan repo lokal.

Proses apt-get dengan source dari internet berbeda dengan apt-get dengan source dari repo. Kalau yang dari internet, file akan didownload dulu kemudian baru diekstrak. Sedangkan dari dvd repo file langsung diekstrak dan diinstall. File-file yang didownload tersebut terletak di /var/cache/apt/archives/.

Setelah proses apt-get program yang kita inginkan selesai, sekarang waktunya untuk membuat repo lokal.

  1. Copy semua file yang terletak di /var/cache/apt/archives/ pada komputer korban. Kemudian taruh di komputer yang diinginkan, kemudian taruh di folder /home/repo/
    (optional, penempatan bisa dilakukan di folder manapun, sesuai keinginan).
  2. Kemudian lakukan perintah berikut
    dpkg-scanpackages /home/repo/ /dev/null/ | gzip -9c > Packages.gz
  3. Kemudian buat folder sebagai berikut
    /home/dists/repo/update/binary-i386/
    (optional, sama seperti pada penempatan file-file copyan, yang ini juga bisa sesuai keinginan)
  4. Tambahkan baris berikut di /etc/apt/sources.list
    deb file:///home/ repo update
    (optional juga, kebanyakan optional nih, hehe…)
  5. Setelah itu jalankan apt-get update. Nah, kalo updatenya sukses, baru deh install programnya via apt-get, hehe…

Yuk, tips singkat ini mungkin sudah banyak yang tahu, tapi ya nggak papa aku tulis, soalnya lumayan berguna bagi mereka yang nggak punya koneksi internet, dan dvd repo nggak terlalu memuaskan, karena banyak program juga yang nggak ada di repo karena terpisah dengan proyek ubuntu (penulis menggunakan distro ubuntu). Kayak screenlets, kiba-dock, dll. Dan tetep, akhir kata, selamat mencoba …