Yupz, MegaWorkshop, nama dari sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh KMTE FT UGM (Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada). Rangkaian kegiatan ini berupa beberapa pelatihan yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 minggu. Macam kegiatannya adalah pelatihan web, pelatihan overclocking, pelatihan microcontroller, dan pelatihan java. Pelaksanaannya yaitu web di minggu pertama, OC dan micro di minggu kedua, dan java di minggu terakhir.

Pelatihan web dilaksanakan pada tanggal 1-2 desember 2007, dengan agenda tanggal 1 di bagian design, tanggal 2 di bagian coding. Tool yang digunakan disini berupa photoshop, dreamweaver, dan appserv. Peserta terdiri dari mahasiswa teknik elektro ugm baik s1, ekstensi, s2. Namun peserta yang mendaftar kebanyakan dari s1 dan ada sedikit yang dari ekstensi.

Acara hari pertama lumayan lancar, pengajar dan peserta mampu berinteraksi dengan baik sehingga materi bisa dijelaskan lumayan baik, karena selain materi dari pengajar, penjelasan dibantu juga oleh asisten yang siap membantu kerja pengajar. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan photoshop untuk image editing, dan dreamweaver untuk merangkai seperti halaman web. Seperti biasa, pertanyaan selalu saja datang menghampiri, karena nggak semua sudah mengenal photoshop. Ada yang baru mengenal juga, jadi masih agak lumayan bingung gitu, hehehe…

Hari kedua pelatihan mulai masuk ke codingnya. Kali ini menggunakan php. Biar enak, maka pake appserv, yang apache, php dan mysqlnya dah komplit. Jadi nggak perlu setting-setting lagi. Kebingungan pun segera melanda peserta. Karena mereka langsung belajar programming pake php langsung. Bagi yang udah biasa coding sih nggak masalah. Bagi yang belum, repot juga, hehehe…

Walau begitu acara ini sempat kena beberapa masalah. Diantaranya masalah komputer, emang sih lab yang dipake udah ada komputernya. Tapi itu linux, jadi terpaksa pake komputer punya panitia. Komputer yang semula sudah tersedia 20 mendadak di H-1 berkurang dan berkurang. Mereka yang tadinya dah deal mo minjemin mendadak jadi nggak mau. Walah walah. Terus masalah viewer, tadinya pelatihannya mo pake viewer, mo pinjem ke jurusan. Tapi apa daya, jurusan nggak minjemin, hiks. Benar benar aneh, sama mahasiswanya sendiri nggak mau minjemin. Jurusan macam apa ini…

Tapi so far so good, tapi tetep penuh dengan berbagai kekurangan. Dari masalah peralatan, kekurangsiapan panitia, rundown acara, dll. Tapi Alhamdulillah dah kelar. Moga di pelatihan seterusnya bisa lancar, amin…


NB : Karena kemalasan dari pemilik blog ini dalam mengupdate blog, maka nasib postingan ini terpaksa dirubah. Semula yang akan dibuat berlanjut terpaksa dihentikan, sehingga postingan ini selesai sampai disini, tidak ada lanjutan. Maka kata part 1 di judul dihapus, dan postingan ini dinyatakan selesai, tidak berlanjut, titik.