Masih lanjutan dalam usaha menginstall linux di laptop, setelah gagal dengan ubuntu dan fedora, maka setelah memikir-mikir dan menimbang-nimbang maka pilihan jatuh pada Mandriva 2008. Ya sudah, setelah ambil dari ftpnya kambing, diburn deh ke dvd. Setelah dicoba booting, ternyata mau, wehehe, senengnya. Langsung aja ikuti langkah-langkah selanjutnya, seperti install linux seperti biasanya.
Sampai selesai mandrivanya tetep bisa diinstal dengan normal. Setelah proses selesai, langsung aja direstart komputernya sesuai permintaan linuxnya. Masuk ke pilihan menu pilihan OS, masih terlihat normal. Namun setelah memilih mandrivanya, ya ampun, lama banget loadingnya. Dan ternyata, setelah lama ditunggu, nggak ada perkembangan. Wah, nggak bisa booting, hiks…
Ya udah, mungkin ada step yang terlewat, maklum, jarang install mandriva, hehe… Langsung aja deh install ulang mandrivanya, dan bener-bener diperhatiin, step-stepnya. Peringatan yang munculpun dibaca ampe full, supaya nggak ada trouble, dan akhirnya penginstallan berakhir dengan sukses. Namun ketika restart dan masuk ke mandrivanya, ya ampun… Masalah yang sama tetep terjadi, yaitu loading tetep nggak berlanjut, mandeg. Ya ampun, dimana masalahnya….