z170

Alhamdulillah, hape dah ganti ke Samsung SGH-Z170. Harga yang lumayan murah, tapi dah 3G, support java, camera 1.3 MP, bluetooth, dan fitur-fitur yang lain. Asyik nie, dah bisa online dari rumah nie sekarang, sekaligus ngecek di rumah dah dapet 3G belum gitu, hehehe… Nah, sampai di rumah, ternyata dapetnya cuma GPRS, ngecek pake XL sama IM3 semua cuma dapet GPRS, yah, nasib tinggal di desa, hehehe… Tapi gak papa, yang penting masih bisa connect.

Tadinya mo nginstall aplikasi-aplikasi java tetek bengek buat connect gitu di hapenya, tapi ternyata, waktu memoryku aku isi file jar/jad gitu, dia gak dianggep, unsupported file type gitu, wah wah wah, kenapa ini. Ya udah, aku mulai googling untuk mencari solusi dari hape saya ini. Setelah beberapa kali browsing, akhirnya saya mendapat beberapa statement di sebuah forum, yang menyatakan bahwa Samsung SGH-Z170 tidak bisa diinstall aplikasi secara offline (dimasukkan dengan PC), hanya bisa diinstall secara online. Jadi kita harus mendownload dan menginstall langsung dari hape. Waktu mau nyoba install online, kok susah, ya udah sementara stop sampai disini. Niat untuk menginstall aplikasi di Z170 ini aku urungkan.

Karena tidak bisa install aplikasi, supaya saya tetep bisa connect, akhirnya hape aku jadikan modem, biar bisa ngenet dari PC. IM3ku aku pasang, setting setting setting, connect. Cuman ada beberapa masalah, aku pake IM3 yang packet based. Nah, browsing tetap bisa berjalan walau agak lambat (karena GPRS), cuman anehnya software-software IM (instant messenger) kayak YM, ataupun Pidgin gitu nggak bisa connect. Padahal proxynya udah tak matiin, direct,tapi gak bisa connect. Kata temenku kalo ganti ke time based bisa connect. Wah, mahal dong…

Selang beberapa waktu, pas lagi browsing tentang apa gitu, masih berhubungan dengan hape sih, tiba-tiba nemu link yang menyatakan sukses nginstall aplikasi java di SGH-Z170. Wow, langsung saya coba, dan ternyata, berhasil, walaupun nggak semua aplikasi berhasil diinstall, at least bisa nambah aplikasilah, hehehe…

Buat yang penasaran ma SGH-Z170, berikut step-stepnya.

  1. Download driver dengan mengclick link berikut
    http://azev76.free.fr/U700/JavaInstall.rar
  2. Ekstrak file tersebut.
  3. Kemudian ekstrak file SAMSUNG_Composite_USB_Driver_4_34_WHQL.zip, dan jalankan Setup.exe.
  4. Tancap hape Samsung SGH-Z170 anda.
  5. Jalankan file TkFileExplorer_2.2.exe
  6. Pada Setting -> COM, pada bagian port jika dipilih akan ada sebuah port dengan nama COMxx, pilih port tersebut.
  7. Lalu tekan Connect pada program, selanjutnya anda akan melihat direktori pada hape anda.
  8. Pergi ke folder /Exe/Java/Games (buat direktori Games jika tidak ada). Pada folder ini buat folder sesuai dengan aplikasi yang ingin dimasukkan.
  9. Masukkan file jar/jad yang ingin diinstall ke folder tersebut atau dengan cara menekan Download pada program.
  10. Setelah semua program selesai di copy atau di download, disconnect hape anda.
  11. Tekan nomer *#6984125*# pada hape.
  12. Pilih Internal, masukkan Master Key *#9072641*#
  13. Pilih Storage Settings, kemudian pilih Update Java DB, Update app database, dan Update media database.
  14. Keluar dari menu, dan aplikasi java anda siap dijalankan.

Saya mencoba dengan menginstall ymtiny, kemudian pas saya cek dia berhasil diakses, dan saya berhasil online dengan ymtiny tersebut. Jadi kesimpulannya installasi saya sukses, hehehe… Walaupun tidak semua aplikasi bisa diinstall di Z170, tapi Alhamdulillah, setidaknya dengan cara ini kita bisa sedikit menghemat pulsa untuk mendownload aplikasi, hehehe…


Source : http://forum.gsmhosting.com/vbb/showthread.php?t=609664