Hari sabtu dan minggu kemaren, tepatnya tanggal 20 dan 21 Desember 2008, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada mengadakan workshop web master bagi mahasiswa S1 TE UGM, baik yang reguler maupun ekstensi. Merupakan rangkaian acara GigaWorkshop, deretan pelatihan-pelatihan selama dua minggu seperti xna, overclocking, dll. Workshop WebMaster ini bertempat di laboratorium Informatika dan Komputer Teknik Elektro UGM, dengan susunan acara hari pertama untuk mengenal tentang desain, mulai dari penggunaan table, css, namun dengan bantuan developer tool seperti Dreamweaver. Sedangkan hari kedua kebagian jatah coding, mulai dari html, php, dan mysql. Dan disini bener-bener full coding, dah gak pake tool lagi, walaupun kalo pake Dreamweaver ada bantuan-bantuan generate code untuk html.

Dan kebetulan aku dapet jatah buat jadi tentor di hari kedua, pas di bagian coding. Maka dari pada itu, saya mulai mempersiapkan peralatan perang yang dibutuhkan. Pengennya sih aku kasih tutorialnya pake linux, ya udah, mulailah menginstall peralatan yang diperlukan, seperti apache mysql dan php, dan juga configure driver vga biar bisa nongol di viewer. Setelah semua beres saya coba test konfigurasinya, ternyata jalan, dan bisa nongol di viewer. Ternyata laptop saya semakin bersahabat dengan saya, wekeke…

laptop

Disini kami bener-bener building from scratch, hard code, baik html dan php. Baik pas bikin table, kami coding, kalo di hari sebelumnya tinggal click di panel atas Dreamweaver, sekarang kami pake code. Mysqlpun kita pake console, jadi gak pake phpmyadmin, jadi biar peserta bener-bener tahu gimana make mysql, kalo pake phpmyadmin kan cuma klak-klik terus hasilnya ditampilin, kita nggak tau action di balik itu. Walaupun ada tampilan query yang dimasukkan, tapi tetep aja kalo belum tahu secara console belum afdhol, wekeke…

Acara diselangi break buat makan siang dan sholat, kemudian dilanjutkan k e sesi selanjutnya. Setelah dikasih materi tentang dasar-dasar html, php, dan mysql, sekarang waktunya kolaborasi ketiganya. Setelah mencoba koneksi database melalui php, akhirnya final project yang kita buat di pelatihan ini adalah simple guest book, memadukan antara html, php dan mysql. Namanya juga simple, jadi ya emang simple, tapi cukuplah untuk memberi dasar untuk lebih ke depan. Berikut beberapa screenshot dari pelatihan tersebut.

suasanaa

suasanab

me