Sepertinya kepolisian nasional di Perancis (France’s Gendarmerie Nationale) jatuh hati dengan Linux. Usai sukses memindahkan infrastruktur software desktop dari Windows ke Ubuntu, mereka lantas membuat rencana untuk memakai sistem operasi tersebut di puluhan ribu tempat kerja mereka hingga 2015 nanti.

Apa yang membuat kepolisian Perancis melakukan langkah ini? Bermula dari transisi mereka di tahun 2005 di mana mereka mulai memakai software dengan kode terbuka (open source). Seluruh organisasi kepolisian ini yang sebelumnya memakai Microsoft Office, menggantinya dengan OpenOffice.org.

Secara bertahap merekapun ikut mengadopsi berbagai aplikasi termasuk Firefox dan Thunderbird. Lantas saat Windows Vista dirilis di 2006, mereka memutuskan untuk berpindah hati ke Ubuntu, alih-alih mengupdatenya ke Vista.

Ternyata langkah ini berhasil. Dikutip detikINET dari Arstechnica, Minggu (15/3/2009), sejak tahun 2004, uang sejumlah 50 juta Euro berhasil dihemat dari biaya perijinan (license) dan biaya maintenance atas strategi perpindahan tersebut.

Kolonel Xavier Guimard dari kepolisian Perancis berujar, “Berpindah dari XP ke Ubuntu sangat mudah dilakukan. Dua perbedaan besar di sini adalah ikon-ikon dan game-game di dalamnya. Namun game bukanlah prioritas kami.”

Kini sebanyak 90.000 tempat kerja kepolisian Perancis siap menyambut kehadiran sistem operasi Ubuntu.


source = http://www.detikinet.com/read/2009/03/15/083216/1099530/398/jatuh-hati-pada-linux-kepolisian-perancis-tinggalkan-microsoft