Ubuntu Kelinci (baca Jaunty) syudah release tanggal 23 april kemaren. Di berbagai tempat di belahan dunia ramai-ramai mengadakan JRP (Jaunty Release Party), termasuk indonesia. Namun sepertinya indonesia termasuk yang agak terlambat mengadakan acara JRPnya (kecuali Makassar), soalnya kalo lihat di planet.ubuntu.com, rata2 ngadain JRPnya udah tanggal 25 april, sedangkan rata2 di indonesia baru bulan mei JRPnya (kecuali Makassar, 25 april juga).

Kebetulan di kampusku (TE UGM) juga ngadain acara Jaunty Release Party juga tanggal 2 mei kemaren, jadi cuma telat seminggu dibanding tempat lain, nggak terlalu terlambat . Awalnya sih cuma kegiatan internal kampus biasa, salah satu kegiatan dari Nightlogin Summer Camp, yang berisi beberapa workshop buat anak TE UGM gitu. Cuman sama mas dedy (baca milisdad) malah dijadiin rangkaian JRP jogja, ampe masuk ke wiki ubuntu-id pula, ya syudahlah, the show must go on, thanks mas dedy .Rundown acaranya terdiri dari presentasi *Why Linux* oleh saya sendiri , setelah itu demo *blender* oleh Dony Ignaz dari indoblender.org, dan diakhiri dengan installfest Jaunty rame-rame yang dipandu oleh Novrian. Acara dimulai agak telat dari rencana, tadinya sih mau dimulai jam 9.04, sesuai dengan release code jaunty, ternyata peserta belum begitu banyak yang dateng, jadi agak mundur. Kebanyakan peserta datang dari internal elektro, karena memang awalnya untuk acara intern elektro, tapi ada juga yang datang dari MTI, bahkan ada juga yang dari FKU UGM, bahkan ada juga yang dari sma. Thanks to *plurkers* TE yang menyebarkan info sampai ke luar sana .

Acara dimulai dengan sambutan dari mas Dedy (milisdad), kemudian langsung presentasi dari saya, *Why Linux*. Intinya yaitu *hasutan* untuk menggunakan linux, juga tentang ubuntu, terutama jaunty, karena emang jaunty release party , juga demo linux, terutama compiz, karena emang jadi fitur andalan linux, selain fitur-fitur lainnya tentu saja. Kemudian disusul dengan acara kedua, yaitu demo blender oleh Dony Ignaz. Sesi yang benar-benar mencengangkan, membuat mata terbelalak, dan tidak berhenti berdecak kagum, ternyata produk open source tidak kalah dengan propietary.

Setelah sesi kedua selesai, acara dihentikan sementara untuk ishoma. Setelah itu acara dilanjutkan dengan installfest jaunty. Seperti yang sudah diprediksi, sesi agak terkendala dengan masalah partisi, karena memang tidak semua mengerti tentang partisi. Beberapa ada yang sudah menyiapkan partisi, namun ada juga yang belum apa-apa. Jadi terpaksa bikin baru, atau meresize partisi yang sudah ada. Namun karena keterbatasan waktu, terutama buat resize, yang memang makan waktu lama, jadi terpaksa bagi temen-temen yang belum terbantu supaya datang ke *markas* (baca tempat nongkrong) Nightlogin di lain hari, biar nanti bisa dibantu.

Alhamdulillah, acara lumayan sukses, peserta sesuai harapan, dan makasih juga buat mas dedy, udah ngasih gift dari sponsor (MTI), lumayan menghidupkan suasana. Juga stiker blankonnya, makasih juga, laris mas . Thanks to temen-temen Nightlogin, dah bantu suksesin acara ini, moga di kemudian hari bisa bikin event yang lebih gedhe lagi .