Beberapa waktu yang lalu dapet kerjaan buat install ubuntu ke 52 netbook jurusan. Netbooknya HP Mininote 2140, karena ndak ada optical drivenya maka installnya terpaksa pake *yuesbeh* (baca=flasdisk). Tadinya mau pake UNR, tapi karena ada beberapa bug, jadinya pake ubuntu biasa saja.

Setelah di test pake ubuntu biasa, ternyata semua hardware terdeteksi dengan lancar jaya, termasuk lancardnya. Ya udah, diputuskan semua pake ubuntu biasa, ndak jadi pake UNR. Yak, satu, dua, tiga, dan akhirnya 52 netbook telah selesai diinstall. Akhirnya selesai juga.

Abis itu netbooknya dicoba sama Dedy. Nah, dalam pengetesannya itu ternyata terdapat error baru. Apakah error barunya itu? ternyata ethnya menjadi lebih dari 1, terdapat increment eth di netbook2 yang terinstall belakangan. Sementara untuk netbook yang terinstall pertama tidak terjadi increment eth.

Ternyata permasalahan tersebut muncul akibat penggunaan flashdisk sebagai media penginstallan. Jadi ketika digunakan untuk menginstall, maka data2 seperti timezone, hardware itu ikut tertulis ke dalam flashdisk. Sehingga ketika flashdisk ini digunakan untuk menginstall di netbook selanjutnya, maka data yang terdapat di netbook pertama yang dianggap sebagai acuan. Netbook kedua dianggap sebagai data baru, sehingga terjadilah increment eth.

Hal diatas tidak akan terjadi pada penginstallan lewat CD, kenapa, karena CD tidak bisa di write, sedangkan flashdisk memungkinkan untuk tertulisi. Lain halnya kalo flashdisk yang digunakan bisa di lock, sehingga tidak dapat ditulisi. Jadi kalo mau install ubuntu pake flashdisk, pastikan dulu itu fresh ekstrak. Jadi kalo mau buat install lagi ya ekstrak lagi.

Nah, gimana cara reset ethnya? Itu ada di /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules. Berikut isi yang terdapat di komputer saya

# This file maintains persistent names for network interfaces.
# See udev(7) for syntax.
#
# Entries are automatically added by the 75-persistent-net-generator.rules
# file; however you are also free to add your own entries.

# PCI device 0x10ec:0x8169 (r8169)
SUBSYSTEM==”net”, ACTION==”add”, DRIVERS==”?*”, ATTR{address}==”00:16:17:13:3d:6f”, ATTR{type}==”1″, KERNEL==”eth*”, NAME=”eth0″

Nah, tinggal ubah deh bagian ATTR{address} pada NAME=”eth0″ dengan mac address hardware yang terdapat di komputer. Abis itu hapus saja increment eth yang tercipta. Dengan begitu eth akan kembali hanya satu, tidak increment lagi. Thanks Dedy.