Sebenernya aku udah pernah posting sih cara install ulang grub. Disitu dijelasin install ulang grub dengan dua cara, yaitu cara dengan live cd yang masuk ke grub, yang kedua pake tool supergrubdisk. Cuman nggak tau kenapa, ketika pake cara pertama nggak pernah berhasil, jadi berhasilnya selalu pake tool supergrubdisk.

Suatu ketika datanglah seorang teman *halah* yang meminta tolong menginstall ulangkan grubnya. Langsung aku booting pake ubuntu 8.10. Ternyata, nggak bisa install ulang grub, tahu kenapa, karena ubuntunya itu pake 9.04, dan sudah pake ext4. Sedangkan 8.10 belum support ext4. Abis itu nyoba pake supergrubdisk, ternyata nggak bisa juga. Permasalahannya sama, ext4.

Untungnya dia bawa cd ubuntu 9.04. Ya sudah, langsung booting pake itu saja. Nah, karena aku agak *ilfill* dengan cara masuk ke grub, maka aku coba install ulang grub dengan cara lain. Cara yang ndak biasanya, karena harus mount partisi system/boot terlebih dulu. Namun ternyata berhasil. Caranya gimana, mari kita lanjutkan bacanya:

  • mount partisi system/boot terlebih dahulu
    sudo mount -t ext4 /dev/sda6 /media/system
  • kemudian install ulang grub dengan perintah grub-install
    sudo grub-install –root-directory=/media/system hd0
  • restart komputer

Cara yang diatas ini yang sekarang sering aku lakukan, dengan tingkat keberhasilan hampir selalu berhasil. Jadi sekarang aku nggak perlu pisahin /boot di partisi sendiri, jadiin satu aja sama /, install ulang grubnya sama-sama mudah kok. Horay…