Sepertinya sudah lama komputer Laboratorium Komputer dan Informatika Teknik Elektro UGM (baca IF) berada dalam keadaan terbengkalai, tidak terurus. Beberapa komputer tidak connect jaringannya, ada yang sistemnya rusak, dekstop tampilannya sudah usang, dll. Pengunjung lab tampaknya juga acuh dengan keadaan seperti itu, kadang bagi mereka yang membawa laptop dengan sengaja mencabut kabel jaringan komputer lab, tapi setelah selesai tidak dikembalikan lagi ke komputer.

Nah, kebetulan, tanggal 12 Oktober kegiatan praktikum di lab sudah dimulai. Biasanya seminggu sebelum praktikum dimulai lab akan dicek terlebih dahulu kesiapannya untuk praktikum. Dari mulai program, kemudian jaringan, printer, dll. Moment yang tepat nie, sekaligus pengen mengganti suasana desktop komputer yang sudah mulai agak bosan.

Kegiatanpun dimulai dengan ‘looking-looking’ di gnome-look.org untuk mencari theme, icon, dan wallpaper yang ciamik untuk komputer lab, karena memang komputer lab menggunakan ubuntu dengan window manager gnome. Karena bingung, akhirnya tidak jadi ‘mengunduh’ dari gnome-look, tapi mengambil dari laptop, theme OpenSuse dan icon Breathe. Sedangkan wallpaper diambil dari gnome-look ‘gnome galaxy’, yang kemudian dipoles dikit dengan gimp.

Setelah itu user praktikum (yang biasa digunakan praktikan) di remove untuk kemudian dibikin user praktikum baru. Data kemudian dihapus semua (buat yang naruh data dan belum diambil maaf ya datanya ilang, salah sendiri ditinggal). Desktop praktikumpun dipermak dengan theme, icon dan wallpaper yang sudah disiapkan. Dan hasilnya pun ciamik, cakep gitu kata temenku. Previewnya gan…

Untuk beberapa komputer yang sistemnya error kami clone-kan dari komputer yang tidak error. Sengaja nggak install ulang biar hemat waktu. Install ulang makan waktu lama, belum nyettingnya. Kelar clone harus segera mensetting konfigurasi jaringan, biar gak conflict. Namanya juga clone, semuanya sama dong, ampe konfigurasinya pun sama. Sampai disini komputer sudah dapat berjalan dengan baik, sistem yang error sudah diperbaiki, jaringan juga sudah beres, sudah bisa ngenet semua.

Namun ternyata ada masalah baru, printer jaringan belum berjalan sempurna.Di komputer client tidak bisa ngeprint, padahal server up. Dicoba dengan menghapus printer jaringan lama di client, kemudian menambah printer baru, tetap nggak bisa ngeprint. Akhirnya iseng nyoba ngedit url printer, hostname diganti dengan alamat ip, ternyata bisa ngeprint. Tapi nggak semudah terus printer yang udah ada diedit urlnya gitu aja. Ternyata harus membuat printer jaringan baru yang konfigurasinya manual, tidak yang autodetect, dengan format url dengan ip address, bukan hostname.

ipp://172.16.11.110:631/printers/LaserJet-1022

Setelah itu baru printer jaringan berjalan normal. Sudah dicoba print berkali-kali berjalan dengan baik. Dan alhamdulillah, walau cuma berempat (gue, novrian, geo sama laksono) tapi kerjaan bisa selesai dengan cepat. Total dari 20 komputer 18 komputer bisa up. 2 komputer down karena ada beberapa komponen yang bermasalah, seperti power supply, dll. Akhirnya komputer lab ganti suasana juga…