Ubuntu


Tanpa basa-basi, langsung buka terminalmu, dan jalankan perintah berikut…

  • Install telnetd
    sudo apt-get install telnetd
  • Start service telnet
    sudo /etc/init.d/openbsd-inetd start

Kalau udah, baru deh akses dari komputer client, telnet ip_address_komputer_yang_diakses. Happy telneting…

Advertisements

Yup, Karmic Koala (Ubuntu 9.10) sebentar lagi akan segera rilis. Para ubuntuers pasti sudah pada menunggu-nunggu kehadirannya. Di situs resmi ubuntu sudah disediakan picture countdown tanggal rilis ubuntu. Namun tak sedikit pula yang memasang countdown tersebut di blog atau situsnya sendiri. Seolah tak puas dengan yang sudah disediakan di situs resminya.

Namun buat para pemakai wordpress sepertinya agak mengalami kekecewaan, karena javascript pada countdown ubuntu tidak bisa digunakan di wordpress, karena memang wordpress tidak mendukung javascript. Termasuk saya nie, kemaren sempet nyoba tapi nggak berhasil, padahal dah kebelet masang. (more…)

Langsung aja deh, tanpa basa-basi lagi, langsung buka terminalnya, langsung hajar dengan perintah-perintah berikut

Sebenernya aku udah pernah posting sih cara install ulang grub. Disitu dijelasin install ulang grub dengan dua cara, yaitu cara dengan live cd yang masuk ke grub, yang kedua pake tool supergrubdisk. Cuman nggak tau kenapa, ketika pake cara pertama nggak pernah berhasil, jadi berhasilnya selalu pake tool supergrubdisk.

Suatu ketika datanglah seorang teman *halah* yang meminta tolong menginstall ulangkan grubnya. Langsung aku booting pake ubuntu 8.10. Ternyata, nggak bisa install ulang grub, tahu kenapa, karena ubuntunya itu pake 9.04, dan sudah pake ext4. Sedangkan 8.10 belum support ext4. Abis itu nyoba pake supergrubdisk, ternyata nggak bisa juga. Permasalahannya sama, ext4. (more…)

Awalnya sih cuma buat iseng, pengen coba pasang blankon-contextual-desktopnya aja di jaunty. Tapi kok malah kepengen nginstall semuanya, jadi blankon gitu, ya udah deh, sekalian pasang aja blankonnya di jaunty, toh harddisk juga sisa gini.

Gimana caranya, ikuti langkah-langkah berikut: (more…)

Beberapa waktu yang lalu dapet kerjaan buat install ubuntu ke 52 netbook jurusan. Netbooknya HP Mininote 2140, karena ndak ada optical drivenya maka installnya terpaksa pake *yuesbeh* (baca=flasdisk). Tadinya mau pake UNR, tapi karena ada beberapa bug, jadinya pake ubuntu biasa saja.

Setelah di test pake ubuntu biasa, ternyata semua hardware terdeteksi dengan lancar jaya, termasuk lancardnya. Ya udah, diputuskan semua pake ubuntu biasa, ndak jadi pake UNR. Yak, satu, dua, tiga, dan akhirnya 52 netbook telah selesai diinstall. Akhirnya selesai juga. (more…)

Ternyata, setelah menyelami (emang berenang) UNR di HP Mininote 2140 (*netbook dosen*), bermunculanlah bug-bug (kepik) yang sebelumnya ndak diketahui. Kerasanya baru kemaren, setelah dicoba sekian lama (halah), ternyata ada beberapa bug yang cukup krusial.

  • Pertama, ternyata lancardnya nggak kedetect. Setelah dicek, ternyata eth0 malah dipakai untuk wlan. Setelah ditelusuri di windowsnya, ternyata memang seperti dugaanku. Ternyata lancardnya emang pake marvell yukon (hebat ya bisa nebak). Untung pernah ngatasin hal serupa, tinggal buka posting yang terdahulu, oprek, langsung nyala lancardnya, hore…
  • Ternyata setelah masalah pertama selesai malah muncul masalah kedua, setiap kali kalau kita lagi make kabel (lan), dan tiba-tiba dicabut, netbook langsung ngehang, ndak bisa ngapa2in. Duh piye iki, ndak dong cara ngatasinnya…

Itu beberapa bug yang kurasakan sampai saat ini, entah bug-bug yang lain, entah ndak ada lagi atau emang belum nongol, hehehe… Ada yang bisa kasih solusi?

Next Page »